Jumat, 28 Juli 2017

Cara Mengatasi Daun Keriting Tanaman Cabe - Hama dan Penyakit Cabe

Cara Mengatasi Daun Keriting Tanaman Cabe - Salah satu penyakit tanaman cabe yang paling sering terjadi adalah "kondisi daun keriting". Sebenarnya ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, namun umumnya karena adanya hama yang menyerang daun cabe sehingga mengakibatkan daun rusak dan keriting.

Daun Keriting Tanaman Cabe

Cara Mengatasi Daun Keriting Tanaman Cabe - Hama dan Penyakit Cabe

Beberapa hama daun yang dapat menyerang tanaman cabai diantaranya Hama Daun Keriting Thrips, Hama Daun Keriting Tungau (Mite) dan Hama Kutu Daun, Hama Virus. 
Cara Mengatasi Daun Keriting Tanaman Cabe - Hama dan Penyakit Cabe
Semua hama ini sangat berpotensi merusak tanaman sehingga pertumbahannya menjadi lambat bahkan bisa menyebabkan kematian pada tanaman cabe. Untuk itu pertu adanya antisipasi dan penanggulangan hama ketika sudah terlanjur terjadi pada tanaman Cabe. 

Antisipasi Daun Keriting Tanaman Cabe :


  • Memilih bibit tanaman cabe unggul dan tahan terhadap hama dan penyakit.
  • Menjaga  kebersihan lingkungan sekitar tanaman cabe dengan membersihkan gulma. Gulma atau rumput liar disekitar tanaman cabe berpotensi untuk mengundang datangnya berbagai serangan hama cabe. Cara yang paling efektif adalah dengan menutup tanah menggunakan plastik mulsa.
  • Usahakan untuk fokus pada satu tanaman, artinya tidak mencampur tanaman cabe dengan tanaman lainnya (tumpang sari).
  • Anda dapat mmberi pestisida Furadan 3G di sekitar tanam pada waktu sebelum penanaman bibit cabe. Dosis yang di gunakan sejumlah 60 s/d 90 kg per hektar atau sekitar 2 sendok makan/meter persegi.
  • Anda dapat mengantisipasi daun keriting tanaman cabe dengan melakukan penyemprotan pestisida setelah tanaman cabe mula tumbuh atau sebelum adanya serangan hama. Beberapa pertisida yang dapat anda gunakan adalah pestisida dengan bahan aktif seperti Fipronil, Imidakloprid etc. Tambahkan pula pupuk daun guna menambah kesuburan tanaman cabe.

Cara Mengatasi Daun Cabe Yang Terlanjur Keriting

Cara Mengatasi Daun Keriting Tanaman Cabe - Hama dan Penyakit Cabe
Beberapa cara untuk mengantisipasi terjadinya daun keriting pada tanaman cabe diatas adalah hal-hal yang perlu dilakukan sebelum terserang hama penyebab daun keriting. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur terserang ? Nah berikut cara pengendalian hama yang menyebabkan daun keriting tanaman cabe

  • Senprot tanaman cabe dengan manggunakan insektisida. Misalnya yang menyerang tanaman cabe berupa hama thrips, maka Anda dapat menggunakan insektisida berbahan aktif abamektin, atau fipronil, karbosulfan dan imidakloprid. Sedangkan jika serangan hama tungau, Anda dapat menggunakan akarisida, ex : samite, mesurol dan mitac.
  • Jika ingin yang oraganik, Anda dapat mengendalikan hama dan penyakit tanaman cabe dengan menggunakan biopestisida yang dapat Anda buat sendiri. Misalnya larutan daun Antawali atau juga disebut brotowali, kunyit dan kaput. Pembuatan larutan ini dengan cara : melarutkan semua bahan (10 sendok makan kapur, 1 kg daun brotowali dan 1 kg kunyit yang sudah di tumbuk halus) dengan 30 ltr air. Larutan biopestisida ini dapat Anda semprotkan dengan pada daun tanaman cabe secara merata.
  • Jika terserang hama "jamur atau cendawan" yang timbul lantaran hama kutu, Anda dapat melakukan penyemprotan Fungisida seperti Supracide, Antracol dan Dithane.
  • Jika daun yang terserang hama / daun keriting belum terlalu banyak, Anda dapat menanggulanginya dengan cara memotong daun cabe yang terserang hama, namun jika sudah terlanjur merata dan sudah tidak memungkinkan lagi dengan cara membuang daun keriting karena sudah terlambat, opsi terakhir adalah dengan melakukan pencabutan tanaman cabe dan membakarnya untuk mencegah serangan hama di periode tanam selanjutnya.
  • Memberikan jarak / jeda  periode tanam berikutnya dengan cara tidak menanami lahan maupun dengan menanam tanaman lain.
  • Jika hama dan penyakit keriting pada daun cabe sudah dapat ditangani, Anda dapat melakukan pemupukan dan penyemprotan zat perangsang tumbuh, misalnya pupuk  daun, GA3 dan Atonik.

Demkianlah tips dan Cara Mengatasi Daun Keriting Tanaman Cabe - Hama dan Penyakit Cabe. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi solusi bagi tanaman cabe yang terserang hama penyebab daun keriting. Salam Tani.

Pencarian Terkait : 
  • Cara Mengatasi Daun Keriting Tanaman Cabe
  • Penyeban daun keriting tanaman Cabe
  • Hama Daun Cebe
  • Penanggulangan hama tanaman cabe
  • Daun keriting pada tanaman Cabe