Selasa, 31 Oktober 2017

Manfaat Prenatal Yoga untuk Kelancaran Proses Persalinan Normal

Flowergardenplans - Pernahkah Anda mendengar istilah prenatal yoga? Salah satu jenis yoga ini sangat erat kaitannya dengan kehamilan. Prenatal yoga merupakan yoga yang dilaksanakan pada saat momen kehamilan. Pelaksanaan salah satu jenis olahraga ini justru baik, karena manfaat prenatal yoga yang mampu melancarkan proses persalinan normal.
Manfaat Prenatal Yoga untuk Kelancaran Proses Persalinan Normal
Manfaat Prenatal Yoga untuk Kelancaran Proses Persalinan Normal
Prenatal yoga merupakan cabang dari yoga. Karena dikhususkan untuk ibu hamil, maka yoga jenis ini mempunyai gerakan lebih aman. Gerakannya hanya fokus pada pernafasan, pelebaran kaki, serta mengandalkan kelenturan bagian-bagian yang digunakan untuk melahirkan secara normal. secara lebih lengkap, inilah manfaat dari prenatal yoga.

1. Membantu Tubuh Tetap Sehat, Aktif, dan Kuat

Kesehatan tubuh secara keseluruhan sangat dibutuhkan ibu hamil agar tetap kuat saat melahirkan. Kegiatan yang aktif juga perlu dilakukan untuk kesehatan kandungan. Untuk itu, prenatal yoga bisa dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan, keaktifan, serta kekuatan tubuh.

Prenatal yoga ini mempunyai tujuan khusus, di mana membantu Anda untuk beradaptasi secara konsisten terhadap perubahan fisik, hormon, dan emosi, saat proses kehamilan. Gerakan prenatal yoga tergolong aman, nyaman, dan mengarahkan ke situasi rileks. Dengan demikian, kondisi tubuh dan mental akan stabil dan menguat.

2. Membantu Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Persoalan yang sering dialami ibu hamil adalah kehilangan keseimbangan tubuh. Beban bayi di dalam kandungan menyebabkan sakit pinggang saat usia kandungannya sudah mencapai 6 bulan ke atas. Gerakan prenatal yoga akan melancarkan sirkulasi, melatih keseimbangan, serta membantu meregangkan otot pinggang.

3. Mempersiapkan Area Pinggul untuk Melahirkan

Sesuai dengan tujuannya yang membantu melancarkan proses persalinan normal, maka setiap gerakan dari prenatal yoga lebih banyak diarahkan pada kelenturan bagian tubuh yang terkait dengan proses persalinan, yaitu area pinggul. Posisi jongkok umumnya diulang beberapa kali untuk membantu membuka area pinggul.

4. Membantu Relaksasi

Saat kehamilan, terjadi peningkatan hormon yang bisa menyebabkan Anda lebih sensitif. Dari lebih mudah tersinggung atau emosi, hingga terlalu khawatir dengan tumbuh kembang bayi, persiapan melahirkan, dan memilih makanan bernutrisi, semuanya menjadi pikiran ibu hamil. Hal ini bisa menggangu kesehatan.

Di sinilah peran prenatal yoga, yaitu membantu mengarahkan Anda untuk tetap rileks di setiap situasi. Relaksasi ini dapat diperoleh dari setiap gerakan dalam rangkaian prenatal yoga. Rasa cemas dan pikiran negatif yang tiba-tiba muncul dapat diminimalisir, bahkan beralih menjadi ketenangan dan pikiran positif.

Kegiatan olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ibu hamil yang akan menjalani proses kelahiran buah hati juga harus berolahraga agar tetap sehat, karena proses persalinan membutuhkan kondisi yang fit. Prenatal yoga adalah solusinya. Lakukan olahraga ringan ini dan rasakan manfaat prenatal yoga yang jitu untuk kelancaran proses persalinan normal.