Cara Membuat Media Tanam Polybag dan Pot

Membuat Media Tanam Polybag dan Pot – Media tanam merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam budidaya tanaman baik di lahan langsung maupun dengan menggunakan polybag atau pot. Dari itu kita perlu mempersiapkannya secara matang sebelum bercocok tanam agar sayuran atau buah yang ditanam dapat tumbuh dengan maksimal.

Cara Membuat Media Tanam Polybag dan Pot
Tanaman Sayur dalam Pot
Polybag atau pot merupakan tempat media menanam yang praktis, mudah dan murah. Proses perawatan suatu tanaman jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan menanam di lahan secara langsung. Namun ada satu hal penting yang mesti diperhatikan dalam membuat media tanaman dengan polybag, Media tanam yang baik ialah media tanam dengan kondisi yang gembur / porous, ini bertujuan agar pertumbuhan akar tanaman dan perkembangan tanaman dapat lebih maksimal.

Nah agar dapat menjadikan media tanam nampak gembur, tentu kita harus mengetahui takaran atau komposisi bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam pembuatan media tanam polybag. Seperti apa bahan dan cara pembuatannya ? Mari kita simak Cara Membuat Media Tanam Polybag dan Pot :

Syarat Media Tanam Yang Baik

Cara Membuat Media Tanam Polybag dan Pot
Tanaman Bawang dalam Pot
Media tanam polybag maupun pot sebenarnya itu sama, yang membedakan adalah wadahnya saja. Yang terpenting adalah media di dalam polybag tersebut memiliki kriteria syarat media tanam yang baik. Media tanam yang memenuhi syarat adalah media yang mampu menopang tanaman, lalu memiliki kandungan unsur hara yang dibutuhkan tanaman serta memiliki tempat bagi akar tanaman agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat lebih maksimal. Secara umum, media tanam yang bagus seharusnya memiliki syarat-syarat sebagai berikut:
  • Dapat menyediakan ruang bagi perkembangan akar tanaman, dari itu sebisa mungkin membuat media menjadi gembur agar akar tanaman lebih mudah berkembang dan menyerap nutrisi untuk tanaman.
  • Dapat menyimpan kebutuhan air bagi tanaman dan memiliki pembuangan air yang baik saat ketersediaan air berlebih.
  • Mengandung humus / unsur hara sebagai kebutuhan nutrisi tanaman.
  • Tidak mengandung benih penyakit / hama yang dapat menyerang tanaman di kemudian hari.

Bahan Pembuatan Media Tanam Polybag / Pot

Pembuatan media tanaman dalam polybag dan pot dapat kita lakukan dengan memanfaatkan berbagai macam bahan mulai dari yang organik hingga sintetis. Namun postingan kali ini kami akan lebih fokus membahas media tanam dengan bahan organik. Berikut beberapa bahan yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan media tanam :

1. Tanah

Cara Membuat Media Tanam Polybag dan Pot
Tanah Gembur
Bahan utama dalam membuat media tanam adalah tanah. Tanah yang baik untuk bahan media tanam pot yaitu jenis tanah yang berpasir, tanah ini memiliki drainase yang baik bagi tanaman. Namun hindari penggunaan tanah yang terlalu berpasir maupun yang terlalu berlempung. Usahakan mendapatkan tanah yang gembur untuk bahan media tanam polybag.

2. Kompos atau Pupuk Kandang

Cara Membuat Media Tanam Polybag dan Pot
Kompos

Bahan media tanam ini dibutuhkan untuk memperbaiki sifat kimia dan biologi pada tanah, selain itu berfungsi meningkatkan dan menjaga kesuburan serta kesehatan fisik tanaman. Kebutuhan unsur hara tanaman juga dapat dipasok dengan menggunakan kompos / pupuk kandang.

3. Arang Sekam atau Arang Lainnya

Cara Membuat Media Tanam Polybag dan Pot
Arang Sekam

Selain dua bahan media tanam polybag di atas, ada satu lagi bahan yang kita butuhkan yang berfungsi untuk meningkatkan ketersediaan unsur fosfor (P). Selain itu, sekam arang dapat membantu meningkatkan sistem pertukaran udara di dalam polybag, sehingga sangat bagus untuk akar tanaman. Jika tidak ada arang sekam, kita masih dapat menggantikannya dengan serabut kelapa untuk dijadikan arang.

Cara Membuat Media Tanam Organik

Jika sudah mengetahui bahan dan masing-masing manfaatnya. Selanjutnya mari kita praktekkan cara membuat media tanam organik pada polybag. Pertama silahkan siapkan 3 bahan di atas (Tanah gembur, Kompos / pupuk kandang dan arang sekam). Kalau bahan-bahan sudah terkumpul sekarang campurkan semua bahan dengan perbandingn (tanah 2, pupuk kandang 1 dan arang 1). Jadi perbandingannya 2:1:1.

Aduk semua bahan hingga benar-benar tercampur lalu masukkan ke dalam pot atau polybag sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Sampai disini prosem membuat media tanam polybag dan pot sudah selesai.

Sebagai catatan, untuk perbandingan campuran 3 media tanam di atas, kita dapat mencampurnya dengan perbandingan 2:1:1 atau juga 1:1:1. Untuk dapat membuktikannya komposisi mana yang terbaik adalah dengan cara mencobanya sendiri. Semoga postingan Cara Membuat Media Tanam Polybag dan Pot ini dapat bermanfaat untk kita semua. Mari bercocok tanam !

Yuk Baca Juga : 




Leave a Reply