Banyak Alternatif Search Engine, Google Tetap Prioritas Jasa SEO

Flowergardenplans – Optimisasi search engine atau mesin pencari website sudah menjadi bagian vital dari marketing online. Tidak dapat dipungkiri lagi jika bisnis ingin membangun presensi online, mempunyai website saja tidaklah cukup. Sama halnya seperti mempunyai gerai/toko fisik. Anda pun harus mempromosikan adanya gerai fisik tersebut agar lebih banyak diketahui oleh target konsumen, entah melalui cara word-to-mouth, iklan billboard, pamflet, dan sebagainya. Dengan demikian selain jasa pembuatan website, jasa SEO mempunyai peran yang penting dalam perencanaan marketing online anda. Karena dalam praktiknya sendiri optimisasi mesin pencari website mempunyai detil langkah-langkah yang cukup kompleks. Jasa SEO, seperti Picodio, dapat meminimalisir hal tersebut dengan efektif sehingga website atau presensi online bisnis anda pun dapat tercantum di halaman pertama mesin pencari website.

Banyak Alternatif Search Engine, Google Tetap Prioritas Jasa SEO

Banyak Alternatif Search Engine, Google Tetap Prioritas Jasa SEO

Mesin pencari website sendiri ada bermacam-macam. Di Indonesia sudah jelas mana yang menjadi rujukan masyarakat dalam mencari sesuatu, yakni Google. Namun, nyatanya Google bukanlah satu-satunya search engine. Berikut 10 search engine paling terkenal di dunia.

Google

Tak diragukan lagi jika perusahaan raksasa global ini menduduki peringkat pertama sebagai search engine paling dikenal. Riset pun telah membuktikan bahwa Google mendominasi pencarian web sebesar 64.0% pada tahun 2016 lalu. Selain itu, pemilik OS Android ini pun mendominasi pencarian web melalui perangkat mobile sebanyak 89%.

Bing

Bing milik Microsoft ini berusaha untuk menyaingi Google dalam bidang search engine. Namun, sudah dapat dilihat sendiri bahwa Google masih saja kuat bertahan. Hasil pencarian Google sendiri dikatakan lebih baik dibandingkan dengan Bing. Bagaimana menurut anda?

Yahoo

Pencarian Yahoo sendiri didukung oleh Bing. Meskipun sudah diakuisi, Yahoo masih saja memiliki popularitas sebagai layanan email gratis.

Ask.com

Dulunya bernama Ask Jeeves, Ask berkontribusi sebanyak 3% sebagai layanan search engine. Ask beroperasi dengan format pertanyaan/jawaban yang dijawab oleh pengguna lain dalam bentuk poll. Selain itu terdapat pula fitur pencarian umum namun hasilnya masih saja dibawah Google, bahkan dibawah Bing dan Yahoo.

AOL.com

AOL pernah menduduki masa jayanya dalam persaingan search engine dengan merebut tempat 10 besar yang berkontribusi 0.6% penggunaan. Jaringan AOL sendiri meliputi beberapa website populer seperti Tech Chrunch dan The Huffington Post.

Baidu

Didirikan pada tahun 2000, sampai sekarang Baidu masih bertahan menjadi search engine terpopuler di Cina. Penyebabnya mungkin karena semua layanan Google yang diblok oleh pemerintah. Sehingga memungkinkan local player untuk berinovasi dan mendominasi pasar lokal tanpa kompetisi raksasa perusahaan internasional.

DuckDuckGo

Berbeda dengan Google yang meyimpan data penggunanya untuk memaksimalkan hasil pencarian DuckDuckGo sama sekali tidak menyimpan data apapun. Search engine ini diusung dengan konsep tanpa gangguan komersial seperti iklan, sehingga pengguna pun tidak perlu khawatir mengenai data pribadi yang dimanfaatkan oleh Google untuk berbagai hal, salah satunya adalah penargetan iklan.

Meskipun banyak alternatif selain Google, search engine satu ini memang yang mempunyai hasil pencarian terbaik dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Tak heran jika masyarakat dunia, termasuk Indonesia, lebih mengandalkan Google dalam mencari sesuatu. Oleh karena itu, hal ini pun dilihat sebagai kesempatan pengembangan bisnis oleh perusahaan maupun wiraswasta, yaitu dengan menggunakan jasa SEO untuk mengoptimalkan presensi online mereka.

Leave a Reply