3 Menu Kuliner Ekstrem di Kota Jogja

Flowergardenplans – Tidak semua hewan dan tanaman bisa diolah menjadi menu makanan untuk dikonsumsi. Nyatanya, terdapat berbagai menu yang terbuat dari bahan yang dianggap tidak lazim oleh masyarakat umum. Menu makanan ini biasa disebut sebagai kuliner ekstrem. Disebut sebagai ekstrem bukan berarti bahwa semua makanan tersebut dapat membahayakan kita. Disebut ekstrem juga karena makanan yang dimaksud terbuat dari bahan dasar yang sehari-harinya kita anggap sebagai menjijikkan.

Burger Daging Kobra Jogja

Burger Daging Kobra Jogja

Kuliner ekstrem tidak hanya dikenal di beberapa wilayah saja. Semua negara mempunyai menu-menu makanan yang dianggap tidak lazim, baik oleh mayoritas warga negara tersebut sendiri atau dari turis luar negeri. Indonesia yang kaya akan flora dan faunanya tentunya memiliki berbagai menu makanan kuliner ekstrem. Salah satu kota yang miliki berbagai pilihan adalah Jogja. Sebagai kota Indonesia yang digemari oleh turis lokal maupun internasional, Jogja pun tak kalah dalam menyediakan atraksi wisata kuliner bagi mereka. Berikut adalah menu kuliner ekstrem yang dapat Anda temukan di Jogja.

Kelelawar Tongseng dan Baceman

Jika kelelawar sering diasosiasikan orang barat dengan drakula, kelelawar di Jogja dijadikan tongseng dan baceman. Di Indonesia sendiri olahan kelelawar dipercaya dapat menyembuhkan asma. Anda dapat mencoba menu kuliner ekstrem ini di Warung Sate dan Tongseng Emprit, Kelelawar, dan Bajing yang belokasi di Jalan Raya Bantul Km 6, Desa Glondong Winongo, Kecamatan Kasiha, Kabupaten Bantul, DIY.

Daging Ular Kobra

Salah satu restoran di Jogja yang bernama Kobra Imperial Kitchen menyediakan berbagai olahan daging ular kobra. Anda dapat menjumpai berbagai menu dengan daging ular kobra, mulai dari tongseng, sate, sup, dan bahkan burger. Jika Anda tertarik untuk mencicipi daging ular kobra, silahkan mengunjungi Kobra Imperial Kitchen. Restoran ini berlokasi di Jalan Hayam Wuruk No.19 Bausasran, Danurejan, Kota Jogja.

Belalang Goreng

Meskpun dianggap sebagai hama oleh para petani, hewan serangga satu ini dapat dinikmati sebagai camilan yang gurih. Proses memasak belalang pun hanya memerlukan bumbu-bumbu yang sangat sederhana, yakni bawang dan garam. Terdapat banyak pedangang kaki lima di daerah Gunung Kidul. Belalang goreng biasanya dikemas dalam plastik kecil atau toples plastik. Bahkan beberapa penjual juga ada yang menyediakan belalang mentah untuk diolah sendiri.

Apakah Anda berencana untuk mencicipi salah satu makanan diatas ketia berkunjung ke Jogja? Tiga menu kuliner ekstrem diatas memang tidak begitu terdengar mengerikan atau menjijikkan. Berbeda dengan daftar makanan paling menjijikkan dunia yang dibahas oleh Daily Wuz. Dalam daftar tersebut terdapat satu menu yang juga dapat dijumpai di Indonesia, yakni olahan plasenta manusia.

Leave a Reply