Cara Mengatasi Sembelit pada Anak Usia 2 Tahun

Cara Mengatasi Sembelit pada Anak Usia 2 Tahun – Anak mengalami sembelit seperti orang dewasa dan mungkin lebih sering karena mereka tidak suka makan makanan yang memiliki banyak serat dan sayuran. Anak-anak dengan konstipasi dapat menggunakan pengobatan alami yang sama dengan orang dewasa, namun dalam jumlah yang lebih rendah.

Cara Mengatasi Sembelit pada Anak Usia 2 Tahun

Anda bisa menggunakan panduan ini untuk anak-anak 2 tahun atau lebih. Anak-anak harus buang air besar setiap hari. Akan lebih baik bagi mereka setidaknya dua kali BAB dalam sehari, jika mereka makan tiga kali sehari. Jika anak Anda mengalami buang air besar tiga kali atau kurang dalam seminggu, sekarang saatnya untuk khawatir dan beraksi.

Jika Anda menggunakan beberapa solusi alami, dan anak Anda masih memiliki hanya 3 atau kurang buang air besar per minggu, maka saatnya Anda membawa anak Anda ke dokter. Sembelit atau konstipasi terus-menerus dapat mencerminkan kondisi yang lebih serius, terutama jika anak Anda sedang mengkonsumsi makanan yang meningkatkan pergerakan usus alami.

Cara Mengatasi Sembelit pada Anak Usia 2 Tahun

Cara Mengatasi Sembelit pada Anak Usia 2 Tahun

Berikut flowergardenplans.com akan membagikan informasi mengenai hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk anak Anda dengan sembelit. Sebenarnya, rekomendasi ini juga bagus untuk Anda jika Anda mengalami sembelit.

1. Minum lebih banyak air

Anak-anak sangat aktif dan akan berkeringat lebih banyak daripada orang dewasa pada siang hari dan kehilangan air. Jika tubuh membutuhkan air maka akan diambil dari tinja dan membuatnya sulit dikeluarkan.

2. Makan lebih banyak serat

Buah dan sayuran adalah tempat dari serat. Menggunakan serat buatan dan produk pencahar bukanlah ide bagus. Tubuh bisa menjadi tergantung pada produk ini dan kehilangan sensitivitas usus dan nada dinding usus.

3. Jangan mendunda buang air besar

ajari anak-anak Anda untuk pergi ke kamar mandi saat mereka merasa ingin BAB. Sering kali mereka akan menundanya jika mereka bermain atau melakukan sesuatu yang mereka sukai. Menanggalkannya akan menghilangkan sensitivitas usus besar dan akan berhenti memberi sinyal gerakan buang air besar setelah beberapa saat. Hal ini akan menyebabkan sembelit.

4. Gunakan produk alami yang mendorong pergerakan usus

Ada banyak buah dan sayuran yang mendorong pergerakan usus. Gunakan ini sebagai makanan ringan. Dalam kasus di mana Anda menggunakan obat alami yang pahit, ingatkananak Anda bahwa obatlah yang membantu mereka pergi ke kamar mandi lebih sering.

Air Minum

Mintalah anak Anda yang sembelit minum lebih banyak air sepanjang hari. Gunakan air suling. Minimalkan penggunaan soda, teh, dan jus manis, karena ini bukan air. Mengonsumsi buah dan sayur memberi tubuh air suling karena mengandung air hingga 70%. Minum jus buah dan sayuran tanpa pemanis menyediakan air dan meningkatkan pergerakan usus.

Makan Buah dan Sayuran

Waktu terbaik untuk memberi buah pada anak Anda adalah diwaktu pagi hari. Dari saat mereka terbangun hingga siang hari adalah saat tubuh sedang melakukan detoksifikasi. Makanan berat seperti daging, susu, sereal, dan telur menghambat proses detoksifikasi. Buah dan jusnya mempercepat proses detoksifikasi dan meningkatkan pergerakan usus, asalkan tidak ada protein atau karbohidrat yang dimakan. Sarapan yang baik hanyalah semangkuk buah, dan segelas jus juga bisa disediakan.

Gunakan buah-buahan sebagai camilan di sela waktu makan. Tapi jangan memberi buah setelah makan sebagai cuci mulut. Tunggu 2-3 jam setelah makan sebelum memberi buah. Ini membantu pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus.

Sayuran harus dimakan setiap kali makan siang dan malam. Sayuran mengandung air, serat, dan sederet mineral dan vitamin yang diperlukan untuk pencernaan yang baik dan fungsi usus besar.

Baca Juga : 

Manfaat Prenatal Yoga untuk Kelancaran Proses Persalinan Normal

Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai Cara Mengatasi Sembelit pada Anak Usia 2 Tahun. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca sekalian. Salam

Leave a Reply