Memahami Diri Sendiri dengan Tes Kepribadian

Flowergardenplans – Mengetahui diri sendiri adalah langkah awal dalam memahami hidup. Manusia diciptakan berbeda-beda, dengan latar belakang, ras, dan kepribadian yang beragam. Semua perbedaan ini dapat menjadi pemicu masalah dan salah paham antar sesama jika semua pihak tidak memiliki toleransi dan pengertian yang cukup. Untuk melihat kepribadian sendiri banyak macam tes yang bisa diambil. Mulai yang tidak mempunyai dasar ilmiah sampai dengan yang mempunyai latar yang didukung dengan riset dan penelitian ilmiah yang kuat.

Memahami Diri Sendiri dengan Tes Kepribadian

Memahami Diri Sendiri dengan Tes Kepribadian

Tes Kepribadian Tanpa Dasar Ilmiah

Melihat kepribadian dengaan cara yang tidak ada dasar ilmiahnya sangat beragam. Mulai dari ramalan zodiak, shio, tipe golongan darah, preferensi lidah, hingga makanan favorit. Ramalan shio sendiri sudah ada sejak jaman dahulu, didasarkan dengan kultur budaya. Tidak seperti tipe golongan darah yang dulunya dianggap “ilmiah”. Bukti dari riset untuk melihat apa tipe golongan darah benar-benar menjadi penentu kepribadian individu masih kurang kuat. Oleh karena itu, kepribadian yang dilihat dari tipe golongan darah sekarang hanya dianggap sebagai bentuk hiburan semata.

Hal ini juga sama dengan warna favorit. Kecenderungan bias warna individu tidak bisa menjadi patokan bagaimana kepribadian seseorang. Meskipun argumen bahwa warna favorit dapat menentukan kepribadian didasari oleh hasil riset, ditemukan banyak sekali faktor lain yang dapat mempengaruhi bias seseorang terhadap warna. Sehingga, berbagai pihak menganggap psikologi warna masih membutuhkan lebih banyak riset dan studi lebih lanjut. Jika and ingin mengintip interpretasi warna favorit terhadap kepribadian, anda bisa membaca artikel psikologi warna yang ditulis oleh Daily Wuz.

Tes Kepribadian dengan Dasar Ilmiah

Penelitan oleh para ahli tak sebatas pada bidang saintek saja, melainkan jugapada bidang sosial-humaniora. Salah satu tes kepribadian yang didasari secara ilmiah adalah tes kepribadian Myers Briggs yang didasari dengan teori psikologi milik Carl G. Jung. Dalam tes kepribadian ini, terdapat 16 macam kepribadian yang pada umumnya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu kepribadian introvert dan extrovert. Ditiap-tiap 2 tipe kepribadian tersebut, masih ada 3 spektrum lainnya, sehingga membentuk 4 angka.

Anda dapat melakukan tes ini secara gratis di laman web 16 Personalities. Hasil dari tes tersebut dapat membantu anda untuk mengetahui kepribadian anda dalam lingkungan kerja, hubungan dengan kolega, hingga asmara.

Baca Juga: Usia 20-an? Mulailah Menata Kondisi Finansial dan Jangan Lupa Nikmati Hidup!

Mengetahui kepribadian sendiri akan membawa manfaat bagi kehidupan. Anda dapat meningkatkan hubungan profesional maupun personal. Selain itu, mengetahui kepribadian akan membuat anda lebih memahami diri. Pemahaman diri tersebut juga mampu untuk mengubah cara pandang anda terhadap kehidupan, secara umum maupun spesifik.

Leave a Reply