Usia 20-an? Mulailah Menata Kondisi Finansial dan Jangan Lupa Nikmati Hidup!

Flowergardenplans.com Siapa sih yang tak ingin hidup nyaman, tak usah memikirkan soal uang, lalu hanya perlu santai menikmati hidup? Membayangkan kondisi seperti itu memang rasanya menyenangkan. Namun, segeralah sadar bahwa hal semacam itu tidak bisa didapatkan secara instan. Ya, kecuali kamu terlahir dalam keluarga yang kaya raya sampai hartanya tidak habis tujuh turunan.

Tak perlu mengeluh, jika memang kamu tidak berada di keluarga seperti itu. Nah, jika saat ini kamu berada di usia 20-an, maka yang perlu kamu lakukan adalah menikmati hidup sambil mulai menata masa depan. Ya, keduanya tentu sama-sama penting. Siapa juga yang tidak ingin menikmati hidup apalagi di usia 20-an. Namun, pada usia tersebut juga merupakan usia yang pas untuk mulai menata kondisi finansialmu. Jika hidup adalah lari marathon, maka bisa dibilang di usia tersebutlah titik starnya. Garis star adalah titik tolak yang cukup penting. Jadi jangan sampai dilewatkan dengan asal-asalan. Bagaimana memulai menata kondisi finansial sambil tetap menikmati hidup? Mari kita ulas!

  1. Jangan puas dengan satu sumber penghasilan, penghasilan tambahan selalu perlu

Jika saat ini kamu sudah bekerja dan merasa nyaman dengan gaji tetap tiap bulan atau penghasilan dari satu sumber saja, maka mulailah pikirkan sumber penghasilan tambahan. Di usia muda, memaksimalkan produktifitas adalah hal yang sangat diperlukan. Selama kamu masih bisa melakukan lebih dari yang saat ini sudah dilakukan, kenapa tidak? Saat tubuhmu masih fit, kamu bisa melakukan pekerjaan sambilan, dengan berbisnis misalnya? Ada berbagai bisnis sederhana yang saat ini mungkin dilakukan sebagai pekerjaan sambilan. Untuk menikmatinya, kamu bisa memilih bisnis sambilan sesuai dengan passion-mu.

  1. Cobalah berinvestasi

Selain mendapatkan penghasilan tambahan, di usia 20-an kamu juga bisa mencoba berinvestasi. Investasi merupakan salah satu cara mempersiapkan finansial masa depan yang lebih cerah. Ada berbagai investasi yang bisa kamu pilih, misalnya investasi emas. Investasi saham juga kini lebih mudah dilakukan dengan modal yang tak terlalu banyak.

  1. Ambil semua peluang yang ada di depan mata

Memulai adalah salah satu hal yang seringkali membuat seseorang khawatir. Namun, jika bukan sekarang lalu kapan lagi? Apalagi jika kamu ada d usia 20-an. Di usia muda tersebut, alangkah bermanfaatnya jika kita isi dengan berbagai kegiatan produktif.

Saat peluang ada di depan mata, maka ambillah tanpa ragu. Tentunya, setiap peluang yang kamu ambil merupakan hal-hal yang memang akan membuatmu menikmatinya atau passion-mu. Misalnya kamu tertarik pada dunia fotografi, kemudian ada seminar tentang fotografi yang diadakan di sekitarmu. Maka, jangan ragu untuk mengikutinya dan nikmati pengalaman baru yang sesuai dengan passion-mu itu. Apalagi kalau seminar yang diadakan gratis tanpa harus kamu mengeluarkan biaya, maka itu adalah sebuah peluang yang tak boleh dilewatkan. Nah, dengan berbekal keahlian bidang fotografi, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang tambahan. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan keahlian tersebut untuk menghasilkan uang tambahan loh!

  1. Liburan dan tetap produktif

Biasanya, di usia 20-an seseorang semakin tertarik untuk mengunjungi berbagai tempat baru. Apalagi saat ini memang kegiatan wisata sangat menggiurkan. Kegiatan wisata semakin menjadi hal yang rasanya wajib dilakukan oleh semua orang. Bahkan, sampai ada sindiran “Muka pucat, kurang piknik”. Di usia 20-an, tentunya kamu jangan sampai melewatkan hal-hal menyenangkan seperti liburan. Namun, jangan biarkan liburanmu berlalu tanpa menghasilkan sesuatu. Misalnya, buatlah karangan atau review tempat wisata yang kamu kunjungi dan posting di blog pribadimu. Dengan hal sesederhana itu, liburanmu akan jadi lebih produktif. Apalagi jika kamu memasang google adsense yang bisa memberikanmu penghasilan dari blogmu. Atau mungkin manfaatkan keahlian fotografi untuk membuat konten instagram yang menarik tentang tempat wisata yang kamu kunjungi. Siapa tahu kamu jadi selebgram kemudian mendapatkan banyak endorse?

  1. Makan apa saja asal sehat

Kesehatan juga merupakan investasi masa depan kan? Tanpa kesehatan, lalu bagaimana kamu bisa menghasilkan uang dan menata finansial? Maka, perhatikanlah apa yang kamu makan dan bagaimana perilaku hidup yang kamu jalani. Pastikan semuanya tidak merugikan kesehatanmu, karena kesehatan adalah bekal untuk menghasilkan uang. Jangan pikir bahwa prinsip harus makan makanan sehat akan membuatmu tidak menikmati hidup. Toh, asalkan sehat kamu bisa makan apa saja kan? Kamu bisa mensugestikan itu ke dalam benakmu.

  1. Bedakan rekeningmu untuk beberapa keperluan

Membedakan rekening untuk beberapa keperluan akan cukup membantumu dalam mengelola keuangan. Misalnya rekening umum yang digunakan untuk keperluan sehari-hari, kemudian rekening tabungan yang tidak boleh dipakai, serta rekening liburan atau refreshing. Jadi, buatlah beberapa rekening untuk kategori keperluan yang paling penting.

  1. Sedia payung sebelum hujan dengan asuransi

Tak jarang yang berpikir bahwa asuransi adalah hal yang tidak perlu. Namun, ada berbagai keuntungan memiliki asuransi. Salah satunya yaitu kamu bisa nyaman menjalani hidup tanpa perlu khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya asuransi kesehatan yang akan membuat kamu tak perlu kebingungan saat sakit dan harus berobat dengan biaya yang lumayan mahal.

  1. Mulai mencicil rumah tanpa menunggu punya cukup uang

Salah satu kenikmatan hidup adalah ketika kamu bisa tidur di rumah milik sendiri. Mendekor rumah sesuai dengan apa yang kamu impikan tentu akan memberikan kamu rasa puas. Nah, usia 20-an, kamu bisa mulai mencicil rumah dan merasakan senangnya tinggal di rumah sendiri. Tak perlu menunggu punya cukup uang untuk membeli rumah. Kini, kamu bisa mencicilnya. Dengan mengambil cicilan rumah, kamu juga bisa lebih termotivasi untuk menghasilkan uang lebih. Jadi, tak perlu menunggu sampai kaya baru membeli rumah ya… Kamu juga harus menikmati usia 20-an dengan kebanggan menempati rumah sendiri.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mulai mempersiapkan masa depan di usia 20-an. Jika dalam berbagai usaha untuk melakukannya kamu terhambat modal, maka jangan mudah pasrah dan menyerah. Ada banyak alternatif untuk tetap menjalankannya. Misalnya saat ingin mulai membuka bisnis sebagai sumber penghasilan tambahan namun tak punya modal. Maka, kamu bisa mengajak teman untuk bersama mengumpulkan modal berdua. Kamu juga bisa mulai bisnis dengan modal yang kecil bahkan tanpa modal seperti dropship. Bahkan, melakukan pinjaman juga tak jadi masalah.

Tak ada salahnya dengan melakukan pinjaman selama pemanfaatannya adalah untuk suatu hal yang produktif. Kemudian kamu memiliki pandangan tentang sumber pelunasan pinjaman nantinya. Selain itu, selama kamu berkomitmen dan disiplin untuk melunasinya juga tak akan ada masalah. Juga dengan mempertimbangkan tempat dan produk pinjaman yang akan kamu manfaatkan. Nah, salah satu nya adalah pinjaman24.id yang merupakan tempat pinjam online terpercaya yang bisa memberikanmu pinjaman tanpa agunan atau jaminan. Proses peminjamannya mudah dan cepat. Selain itu, ada juga monily.id. Silahkan cek websitenya dan temukan sumber pinjaman yang akan membantu Anda menyelesaikan masalah modal.

Leave a Reply