Vlogger Kena Penalti hingga Tantangan Makan Deterjen, Ini Topik Viral Media Sosial

Flowergardernplans – Menilik balik beberapa minggu lalu, seperti biasanya, banyak sekali topik viral yang dibahas oleh warganet di platform media sosial dan berbagai website media pemberitaan. Mulai dari vlogger yang terkena penalti YouTube, kasus mainan impor yang tertahan karena tidak bersertifikat SNI, hingga tantangan berbahaya makan detergen di Amerika dan Eropa.

Vlogger Kena Penalti Youtube

Seperti yang dilansir oleh Daily Wuz, Logan Paul adalah vlogger asal Amerika yang memasang konten videonya di platform YouTube yang akhirnya dijatuhi penalti. Logan masuk dalam daftar elit vlogger yang mendapatkan akses pada Google Preferred, layanan iklan yang digunakan oleh brand-brand terkenal dunia. Dengan akses layanan ini, Logan dapat meraup pendapatan lebih banyak dibandingkan layanan monetasi konten YouTube yang lain.

Akan tetapi, aksesnya terhadap Google Preferred diputus oleh pihak YouTube, sebagai bentuk penalti yang dijatuhkan karena Logan melanggar dengan memposting konten video yang tidak pantas. Konten video yang dimaksud sendiri adalah video dimana Logan dan beberapa temannya merekam mayat korban bunuh diri di hutan Jepang.

Logan Paul

Logan Paul

Meskipun begitu, penalti ini sendiri adalah bentuk desakan warganet yang merasa kelakuan Logan sangat tidak pantas. YouTube sendiri mengantisipasi konten video tersebut dengan meninjau kelayakannya saat dilaporkan oleh berbagai pengguna. Platform anakan perusahaan raksasa Google ini pun dikecam karena kurangnya perlindungan konten mengingat audiens channel YouTube Logan rata-rata masih berumur 12 tahun.

Mainan Impor yang Tersandung SNI

Bersumber dari postingan seorang pengguna di grup komunitas Facebook, topik viral satu berujung pada tindak lanjut rapat petinggi negara. Rapat yang dimaksud dihadiri oleh pihak Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementrian Perdagangan, Kementrian Perindustrian, dan Badan Standarisasi Nasional untuk membahas permasalahan mainan impor seperti yang menjadi persoalan dalam postingan viral.

Singkat cerita, seseorang mengimpor satu buah mainan Power Ranger Ninja Storm yang harganya tak sampai Rp500.000. Paket mainan tersebut tertahan di pihak Bea Cukai karena item mainan tersebut tidak mempunyai sertifikat SNI. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, pemilik mainan tersebut harus bersedia mengurus dengan biaya Rp6-8 Juta. Karena biayanya yang jauh berkali-kali lipat dari harga mainannya, si pemilik akhirnya menghancurkan mainannya sendiri dihadapan petugas Bea Cukai.

Rapat pembahasan masalah ini pun dianggap masih belum dapat memberikan keterangan yang jelas. Hal ini karena situasi pengimpor mainan dan jenis serta jumlah mainannya sendiri sangatlah beragam. Peraturan yang diklarifikasi dalam rapat tersebut dinilai sama sekali belum bisa menjelaskan permasalahan impor-mengimpor mainan oleh warganet.

Tantangan Makan Detergen

Vlogger Kena Penalti hingga Tantangan Makan Deterjen, Ini Topik Viral Media Sosial

Tide Pods, Produk Deterjen yang Digunakan dalam Tide Pod Challenge

Meskipun sama-sama bukan topik dari Indonesia seperti Logan Paul, tantangan berbahaya ini tidak sebegitu dibahas oleh warganet kita. Disebut dengan Tide Pod Challenge, berbagai pengguna media sosial remaja melakukan tantangan makan detergen dalam bentuk kapsul kecil. Karena viralnya tantangan ini, terdapat isu beredar bahwa Tide Pods, brand detergen yang namanya dicatut sebagai nama akan menghentikan pemasaran produknya.

Leave a Reply