7 Manfaat Hebat Konsumsi 3 Pisang Setiap Hari

Buah pisang mengandung nutrisi yang bagus untuk tubuh, buah pisang memiliki banyak manfaat luar biasa apabila dikonsumsi setiap hari. Buah dengan cita rasa lezat dan tekstur lembut ini bisa dinikmati dengan berbagai cara penyajian. Bisa dijadikan bahan dasar smoothie yang menyegarkan, atau langsung dimakan tanpa ada varian tambahan.

Manfaat buah pisang sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan makan 3 buah pisang setiap hari, Anda menambahkan sekitar 1500 mg kalium pada tubuh. Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat lainnya. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya dilansir Aceh Foundation.

Sumber energi

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, kok banyak atlet yang senang mengkonsumsi pisang? Alasannya, selain rasanya yang lezat ternyata buah pisang juga berperan sebagai sumber energi dalam tubuh. kandungan nutrisi alami dalam buah pisang mampu meningkatkan sistem kerja otot-otot.

Sebuah study di Appalachian State University juga menerangkan hal yang sama. Mereka membuktikan bahwa memakan setangah pisang setiap 20 menit selama tes time trial lari atau bersepeda sama efektifnya dengan minuman karbohidrat khusus untuk olahraga setiap 20 menit.

Meningkatkan mood, membantu Anda mudah merasa senang

Manusia membutuhkan setidaknya 320 mg magnesium setiap harinya. Jika tubuh kekurangan magnesium, bisa jadi Anda mudah merasa cemas, depresi dan gangguan lainnya. Nah, untuk mencukupi kebutuhan magnesium ini. Anda bisa mengkonsumsi 3 buah pisang per hari.

Mencegah dan melawan anemia

Seperti yang kita ketahui, buah pisang tinggi akan kandungan zat besi dan vitamain B6. Vitamin B6 berperan untuk menyeimbangkan kadar glukosa darah sementara zat besi dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah sehingga bagus untuk mencegah dan melawan anemia.

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh mudah lelah, pucat dan sesak nafas akibat penurunan  jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah.

Melancarkan pencernaan dan menekan rasa lapar

Selain buah mangga dan pepaya, ternyata pisang juga mengandung serat tinggi yang bagus untuk pencernaan. Serat berperan penting dalam mengontrol sistem pencernaan dan membantu megatasi masalah sembelit. Tidak hanya itu, pisang juga mampu menguatkan saluran pencernaan serta membantu memulihkan mineral yang hilang setelah sakit diare.

Meningkatkan kesehatan jantung

Asupan makanan tinggi serat sangat baik khasiatnya untuk kesehatan jantung, dengan mengonsumsi satu hingga tiga buah pisang sehari dipercaya akan membantu menyehatkan jantung.

Kaya akan vitamin C

Pisang menyediakan 15 persen lebih kebutuhan tubuh akan vitamin C. Vitamin C pada pisang berperan sebagai antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

Menyehatkan sel-sel tubuh

Dengan mengonsumsi beberapa buah pisang, kebutuhan 20 persen vitamin B6 untuk asupan orang dewasa dapat terpenuhi. Vitamin B6 selain berperan menyeimbangkan kadar glukosa darah, vitamin B6 juga memproduksi insulin, amino non-esensial asam dan hemoglobin yang diperlukan untuk membantu menyehatkan sel-sel tubuh serta menjadi antibodi untuk melawan infeksi. Dengan begitu, kemungkinan Anda terserang penyakit akan minim dan tubuh yang bugar pun akan selalu Anda dapati.

Itulah tadi 5 manfaat hebat konsumsi 3 pisang setiap hari. Ternyata banyak juga ya manfaat pisang untuk kesehatan. Nah, setalah mengetahui beragam manfaatnya. Maka tidak ada salahnya untuk menjadikan buah pisang sebagai salah satu menu makanan dalam keseharian Anda.

Leave a Reply